Blogroll

Kamis, 03 Maret 2016

Membangkitkan Biogas Murni dan Lumpur Probiotik dari Sumberdaya Hayati

Dalam video "Indonesia Membangun" TV Nasional (part 1) 6 menit ini memperlihatkan terbuangnya sumberdaya hayati ( sampah organik, sisa makanan dan industri pengolahan makanan) dengan segala timbulan problematiknya di tempat pembuangan akhir (TPA). Kerugian bagi semua penduduk suatu negeri ketika mereka masih membuang sampahnya ke TPA. Kini, dengan hadirnya metoda BiophoskkoGas [Biodigester- Piroliser- Komposter-Gasifier] disadari bahwa, semua materi ada cara memanfaatkannya, ada teknik mengkonversinya menjadi barang baru dan bernilai. Karenanya, kelola di sumber timbulnya.

Dengan menggerakkan perilaku BerSeka Trash Bin- Memilah Sampah Per Jenis di sumber timbulannya, misalnya melalui peranan Bank Sampah Posko Hijau sebagaimana berlangsung di Desa Langonsari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung, telah mengubah status dari sampah menjadi material baru yakni suatu bahan baku bagi proses konversi (industri).


Berikutnya, dengan metoda BiophoskkoGas [ Biodigester- Piroliser- Komposter- Gasifier], pengolahan sampah sistim produksi bersih (zero waste) akan menjadi suatu industri pengolahan (bioindustri) yang pada giliran selanjutnya memberikan perolehan energi (gas masak, listrik) serta media tanam (ikan, sayuran, padi).

Pembangkitan Biogas, Bio Elektrik dan Pupuk dari jenis material organik merupakan langkah penting guna memudahkan, mengisolasi dari sumber timbulan bau maupun pembentuk cairan lindi bagi berjalannya pemilahan sampah (plastik, sampah kering lain) berikutnya. Perolehan lumpur probiotik dari fermentasi dengan aktivator Green Phoskko (GP7) dalam biodigester menjadi media tanam (ikan, sayur dan padi) akan mengubah cara pandang terhadap sampah organik dari menjijikan, kini memberikan manfaat berupa energi dan bahan pangan.

Video mandiri pangan dan energi (part 2) berikutnya bisa diikuti proses konversi jenis sampah kering, plastik serta pembangkitan energi ( minyak bakar, energi panas) dengan teknik Gasifier & Piroliser - Teknik Konversi Biomassa sebagai suatu pembangkitan energi terbarukan.

Sementara video mandiri pangan dan energi ( part 3) akan diketengahkan ikhtiar membangun pertanian sebagai suatu bioindustri di kawasan perkotaan (urban farming). Berbekal sampah organik, sesungguhnya bisa membangun sawah portabel ( ikan di kolam portabel, sayuran pada pot hidroponik dan padi dalam polibeg) bagi kemandirian pangan. Bahkan, bagi jaminan mendapatkan beras, guna terhindar dari kekhawatiran dari ekses beredarnya beras plastik maupun beras bersih ( tanpa kandungan vitamin), diperlihatkan peranan alat penggiling padi manual guna menjamin perolehan beras sehat menyehatkan (*)

Selanjutnya tentang biodigester,
19.46.00   Posted by Unknown with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Search